Sabtu, 12 Juni 2010

Khasiat Daun Dewa

Daun Dewa ( Gynura divaricata ) dikenal sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat.. daun dewa dikenal pula sebagai tanaman antikanker. menurut penelitian, diyakini bahwa ekstrak etanol daun dea dapat menghambat tumor paru pada tikus putih. ekstrak ini pula dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.


Manfaat Daun dewa berasal dari umbi dan daunnya. Manfaat daun dewa salah satunya untuk mengobati luka terpukul, menghentikan pendarahan, pembengkakan payudara, melancarkan sirkulasi darah, dll. Sedangkan manfaat Umbi daun dewa yaitu untuk mengatasi bekuan darah, pembengkakan, pendarahan, patah tulang, dll.

Efek Farmakologis dari Daun dewa yaitu antikoagulan (memeprmudah dan mempercepat pembekuan darah), stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, dan membersihkan racun. Daun dewa mengandung zat saponin, minyakatsiri, flavonoid, dan tanin. Efek ini didapatkan di seluruh tumbuhan.


Untuk mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk dan muntah darah dapat dilakukan dengan seluruh tanaman daun dewa di tumbuk atau direbus lalu air nya diminum. Untuk mengatasi kejang pada anak beri minum air dari  satu batang daun dewa.


Untuk mengatasi tumor dngan makan daun dewa sebagai lalapan. Untuk mengatasi kutil yaitu dengan haluskan daun dan tempelkan pada bagian yang sakit dan biarakan pada keesokkan harinya. Untuk mengatasi kanker dapat dilakukan dengan membuat ramuan dari 30 gram daun dewa yang segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc air, lalu disaring dan di minum airnya.


Untuk mengatasi luka luar  dapat dilakukan dengan haluskan umbi, lalu tempelkan pada yang luka. Sedangkan pengobatan luka dalam ( tergigit ular, stroke, dll)  umbinya ditumbuk halus dan ditambah air. Airnya diminum pada sore hari.


Selain mengatasi luka dan penyakit, daun dewa dapat menghilangkan flek hitam yaitu dengan mengambil getah pada daun dewa kemudian doleskan pada flek hitam.

0 komentar: