Rabu, 24 Maret 2010

sekilas tentang chocolate


kalo liyat niy gambar mesti pada ngiler ea pingind maem.. wkwkwkwk.. ups.. sabar... akoo punya info lagi ( maning maning.. jan).. tapi pasti pada mikir.. kalo akoo makan coklat,, ntar q gendud.. eitss... jangan mikir yang macemp2 duku,, baca dulu info dari q.. ayow kita cek..


Cokelat tak selalu jahat! Bila Dikonsumsi dengan benar, cokelat justru bisa jadi obat manis penyelamat hidup yang enak rasanya. Berbagai penelitian terkini menemukan senyawa yang terdapat dalam cokelat dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi karena cokelat kaya flavanol, sejenis antioksidan yang dapat melacak dan menghancurkan kimia berbahaya dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dan berpotensi pada penyakit serius. Bahkan semakin banyak bukti bahwa obat kuno ini mampu `menyembuhkan` jantung dan pikiran kita. Namun kita harus makan jenis cokelat yang tepat dan kaya flavonoid agar dapat mencegah kanker dengan cara membantu proses detoksifikasi. Kalau anda serius ingin mencegah penyakit, minumlah cokelat yang pahit. Masih belum percaya? Temukan jawaban dari misteri di balik manisnya cokelat dalam buku ini! Buku ini akan menguak `sejuta khasiat` Dark Chocolate. Selain itu, juga mengungkap berbagai alasan mengapa kita butuh cokelat. Mulai sekarang pilih cokelat pahit dahulu, sehat kemudian. Hanya Dark Chocolate `sahabat` yang menyehatkan.

 coklat jenisnya macam-macam:
* Coklat hitam : kokoa cair, gula, minyak kokoa, dan (kadang-kadang) vanilla
* Coklat susu : kokoa cair, gula, minyak kokoa, susu cair atau susu bubuk, dan vanilla
* Coklat putih : gula, minyak kokoa, susu cair atau susu bubuk, dan vanilla
Lantas jenis coklat manakah yang baik dan tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi? Gampang saja, pilihlah coklat yang paling banyak mengandung minyak kokoa (cocoa butter) dan atau kokoa padat (cocoa solid) yang merupakan komponen non-lemak pada biji coklat yang digiling. Bagaimana cara mengetahuinya? Yang perlu Anda ketahui adalah jenis coklatnya.
Manfaat Coklat Bagi Kesehatan
Coklat hitam murni banyak mengandung zat flavonoid (bioflavonoid) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sementara kandungan susu dalam coklat susu justru menghalangi penyerapan flavonoid dalam tubuh. Manfaat-manfaat coklat adalah sebagai berikut :

* Sebagai antioksidan. Seperti yang disebut diatas, flavonoid (flavanol) adalah zat antioksidan yang juga mengandung procyanidins, epicatechins, dan catechins. Kandungan flavonoid yang tinggi dalam darah bermekanisme anticarcinogenic sehingga menurunkan resiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker prostat, asma, dan diabetes tipe 2.
* Tidak meningkatkan kolesterol jahat. Meskipun minyak kokoa (cocoa butter) sama-sama lemak jenuh, namun efeknya netral terhadap level kolesterol darah daripada minyak nabati atau palem. Akibatnya, level oksidasi kolesterol LDL (jahat) rendah, level antioksidan darah yang tinggi dan level kolesterol HDL (baik) lebih tinggi 4%. Sekali lagi perhatikan kandungan bahan-bahan coklatnya!
* Mencegah penggumpalan darah. Dalam beberapa hasil dalam pembuluh buatan, kokoa dapat mencegah penggumpalan darah dan menstabilkan pembuluh arteri sehingga memperkecil resiko stroke atau serangan jantung dan berbagai penyakit kardiovaskular lainnya.
* Meningkatkan aliran darah. Zat procyanidins dalam kokoa mampu memicu produksi nitric oxide (N.O.) sehingga melenturkan pembuluh arteri dan meningkatkan aliran darah yang bermanfaat bagi pengendalian tekanan darah.
* Sebagai perangsang. Kandungan theobromine, tryptophan, phenethylamine, dan kafein dalam coklat bekerja memicu hormon serotonin sehingga menenangkan pikiran dan mental. Titik leleh coklat hampir sama dengan suhu tubuh manusia menyebabkan coklat lumer dengan halus di mulut dan mampu meningkatkan aktifitas otak dan denyut jantung seperti ketika yang dirasakan pada ciuman penuh gairah. Bahkan efeknya 4 kali lebih lama.
* Meringankan batuk. Kandungan zat theobromine dalam coklat lebih efektif daripada codeine (sejenis obat batuk) dalam melegakan dan mencegah tenggorokan kering.
* Meringankan diare. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoids dalam coklat dapat mencegah meningkatnya cairan dalam penyakit diare.


Hmm... masih belum percaya akan khasiat besar coklat??
silahkan coba sendiri dan rasakan banyak manfaatnya...

0 komentar: